Search

Ahli Biologi Prof Amin: Tempe dan Sayur, Ampuh Melawan Corona - Hidyatullah.com mengabarkan kebenaran

“Yang lebih murah dan mudah, masyarakat bisa memperoleh klorofil dari sayuran, seperti kulupan, kangkung, kelor, dan sebagainya"

Ahli Biologi Prof Amin: Tempe dan Sayur, Ampuh Melawan Corona

Dok. Pri.

Ketua Umum Perhimpunan Ahli Biologi Sintetik Indonesia, Prof Dr Mohammad Amin

Hidayatullah.com– Di saat publik kesulitan menghadapi wabah virus corona jenis baru (Covid-19), ternyata ada banyak bahan murah di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk pencegahan. Di antaranya adalah tempe dan sayur. Kok bisa?

Menurut ahli biologi molekuler, Prof Dr Mohammad Amin, MSi, ada tiga fase awal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi serangan virus corona.

“Yaitu dengan pembersihan darah atau menurunkan viskositas (pengentalan darah), meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan antibodi,” kata Guru Besar FMIPA Universitas Negeri Malang di Jawa Timur ini Selasa (24/03/2020).

Baca: Pemerintah: Covid-19 Bisa Sembuh Sendiri Dengan Peningkatan Imunitas

Lebih lanjut, Ketua Umum Perhimpunan Ahli Biologi Sintetik Indonesia ini menjelaskan, fase pembersihan darah bisa dilakukan dengan mengkonsumsi klorofil. Di toko obat atau herbal, biasanya ada klorofil ekstrak yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

“Yang lebih murah dan mudah, masyarakat bisa memperoleh klorofil dari sayuran, seperti kulupan, kangkung, kelor, dan sebagainya,” terang doktor lulusan Universitas Martin Luther Halle-Wittenburg, Jerman ini.

Berikutnya, meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini antara lain dengan asupan vitamin C, E, D, dan B yang banyak terkandung dalam buah dan sayur. Vitamin adalah bahan pembentukan antibodi, yang fungsinya untuk melawan berbagai macam virus.

“Yang terpenting adalah meningkatkan antibodi. Nah, sumber utama antibodi salah satunya dari asam amino, dan itu di antaranya ada pada tempe.”

Baca: Akademisi Bali: Obat Herbal Mampu Melawan Virus Corona

Menurut Prof Amin –sapaan akrabnya, tempe terbuat dari kedelai yang mengandung banyak protein. Ketika berproses dengan ragi, maka terbentuklah asam amino. Inilah yang berfungsi sebagai zat antibodi.

Prof Amin menganjurkan agar tempe itu dikukus. Cara ini paling aman dan lebih baik daripada digoreng.

Namun Prof Amin menegaskan bahwa bahan makanan di atas berfungsi untuk pencegahan. “Jika sudah telanjur sakit, ya tetap harus berobat,” pungkasnya.* Pambudi Utomo

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
March 24, 2020 at 03:14PM
https://ift.tt/2WIbJZ4

Ahli Biologi Prof Amin: Tempe dan Sayur, Ampuh Melawan Corona - Hidyatullah.com mengabarkan kebenaran
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ahli Biologi Prof Amin: Tempe dan Sayur, Ampuh Melawan Corona - Hidyatullah.com mengabarkan kebenaran"

Post a Comment

Powered by Blogger.