Search

Desa Tamblang Bagikan Bahan Sayur Untuk Keluarga PMI - Jawa Pos

KUBUTAMBAHAN BALI EXPRESS - Keluarga Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Desa Tamblang, Kecamatan Kubutambahan digelontor puluhan ikat sayuran kacang oleh pemerintah desa pada Minggu (1/5) pagi. Sayuran segar ini dipetik langsung dari lahan pelaba Pura Dalem, Desa Tamblang yang ditanam beberapa bulan lalu.

Pantauan Bali Express (Jawa Pos Group) sejumlah relawan terlihat sibuk memetik pucuk daun kacang segar di sebelah utara Pura Dalem. Selanjutnya sayur tersebut diikat. Setelah terkumpul, barulah dibagikan kepada keluarga PMI untuk dimasak sebagai lauk.

Perbekel Tamblang, Made Diarsa mengatakan, sayur kacang ini sengaja dibagikan untuk meringankan beban para keluarga PMI. Saat ini di Tamblang, sebut Diarsa, tercatat ada 39 orang PMI yang telah pulang dari kapal pesiar.

Hanya saja, masih ada beberapa orang PMI yang menjalani karantina di sekolah yang telah disiapkan. Ia berharap, sayuran yang dimasak oleh keluarganya bisa diberikan kepada PMI yang tengah menjalani karantina.

“Kebetulan kami mencoba memanfaatkan lahan pelaba pura dari sebelumnya tidak produktif, kumuh karena tempat pembuangan sampah sementara, akhirnya tiga bulan lalu dibersihkan, dan ditanami sayuran,” ujar Diarsa saat ditemui seusai memanen sayuran.

Ia menjelaskan, pemerintah desa juga akan membagikan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Pasalnya, tercatat 200 warga Tamblang yang sebelumnya merantau di luar desa kini pulang kampung, karena dirumahkan untuk sementara waktu.

“Dalam waktu dekat kami rencananya akan membagikan sembako kepada masyarakat. Sembako itu banyak sumbangan dari sejumlah donatur termasuk pengelola toko-toko di Tamblang. Kami berharap bisa meringankan beban masyarakat di tengah lesunya perekonomian,” imbuhnya.

Bahkan, ia bersama perangkat desa juga bekerja sama dengan menggandeng LPD dan Pengelola Air Minum Desa untuk menyediakan sembako murah, khususnya beras. Sehingga masyarakat di Desa Tamblang bisa merasakan harga beras yang murah dan terjangkau.

“Kami siapkan sembako murah, khusus beras. Ini untuk semua masyarakat. nanti meerka menggunakan kupon di LPD, maupun rekening pelanggan air minum desa agar bisa mengaksesnya. Sehingga bisa menyentuh masyarakat kecil,” pungkas Diarsa.

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
May 01, 2020 at 09:06PM
https://ift.tt/3fdExzE

Desa Tamblang Bagikan Bahan Sayur Untuk Keluarga PMI - Jawa Pos
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Desa Tamblang Bagikan Bahan Sayur Untuk Keluarga PMI - Jawa Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.