Search

Awas Corona, Ini Buah dan Sayur Impor dari China yang Beredar di Bandung - SINDOnews.com

Arif BudiantoAwas Corona, Ini Buah dan Sayur Impor dari China yang Beredar di Bandung
Foto/Ilustrasi

BANDUNG - Pemerintah mewacanakan menghentikan sementara importasi makanan dan buah-buahan dari China, menyusul dugaan potensi penyeberan Virus Corona. Sementara, beberapa komoditas penting masih menjadi andalan Indonesia dalam memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Kota Bandung, termasuk kota yang beberapa komoditas mengandalkan importasi dari China. Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengakui, beberapa komoditas impor dari China beredar luas di Kota Bandung.

Untuk komoditas sayur misalnya, Bandung mengandalkan pasokan bawang putih dari China. Kapasitasnya, hampir 80% adalah bawang putih asal negeri Tiongkok itu. Sementara untuk komoditas buah, ada jeruk, apel, dan buah pir.

Baca Juga:

"Memang untuk produk impor yang betul betul dari China adalah bawang putih. Hampir 80% bawang putih untuk kebutuhan di Bandung mengandalkan pasokan dadi China. Sementara kalau komoditi lainnya dari Jabar, Jateng, dan Jatim," kata Elly, Selasa (4/2/2020).

Menurut Elly, jika nantinya pemerintah jadi menghentikan makanan impor dari China, mayarakat tidak perlu khawatir. Karena Kabupaten Bandung sekarang mengarah pada sentra bawang putih. Meskipun belum terlalu optimal, tapi pihaknya positif bisa mendapat pasokan dari sana.

"Kita ambil hikmahnya saja, semoga kita bisa pasok dari produk lokal. Tapi memang kekhawatiran kita adalah bawang putih. Karena itu masuk komoditas pangan strategis. Memang agak berat kalau terjadi inflasi," jelas dia.

Namun untuk buah, dia tidak terlalu khawatir apalagi sampai memyebabkan gejolak pasar. Karena buah bukan komoditas strategis, sehingga dampaknya tidak akan terasa.

"Untuk buah, kita banyak alternatif. Bisa manfaatkan buah lokal, speeti apel malang, jeruk medan atau garut. Ini jadi tantangan petani," imbuh dia.

Dia berharap, pemerintah pusat yang memiliki kewenangan membuka atau menutup kran impor, bisa mengambil kebijakan yang tepat. Apalagi, kurang dari dua bulan akan menghadapi bulan Ramadan. Biasanya permintaan komoditas akan naik.

(awd)

preload video

Berita Terkait

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
February 04, 2020 at 04:49PM
https://ift.tt/397pDqK

Awas Corona, Ini Buah dan Sayur Impor dari China yang Beredar di Bandung - SINDOnews.com
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Awas Corona, Ini Buah dan Sayur Impor dari China yang Beredar di Bandung - SINDOnews.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.