Search

TaniHub Rangkul Petani Sayur dan dan Buah Bedugul Jadi Mitra Pemasok - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menyusul keputusan ekspansinya ke Bali melalui pendirian cabang dan gudang baru, TaniHub Group menawarkan akses pasar baru ke para petani di Bali melalui serapan atas hasil panen mereka.

Yuliati, petani sayuran dan buah di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Bedugul merupakan salah satu petani yang siap digandeng. Yuliati sehari-hari menanam berbagai jenis buah dan sayur seperti stroberi, bawang dan lobak.

Sebelum bergabung menjadi mitra penyuplai TaniHub, Yuliati mengaku tidak mendapatkan kepastian atas pembelian hasil taninya dan mekanisme pembayarannya tidak menentu.

Setelah bermitra dengan TaniHub, dia mengaku mendapat jaminan akses pasar dan harga yang lebih wajar dengan pencairan pembayaran tiga sampai tujuh hari.

Direktur TaniSupply Sariyo mengatakan, dengan mekanisme pembayaran atas hasil panenan yang lebih cepat, cashflow petani seperti Yuliati menjadi lebih baik. Dia bisa memutar uangnya lebih cepat untuk mengembangkan usaha taninya. 

Baca: Puluhan Hektar Tanaman Cabai Milik Petani di Karangasem Gagal Panen, Diserang Virus Kuning

Dia menyatakan, melalui kemitraan petani seperti Yuliati pihaknya bisa menciptakan dampak sosial (social impact) yang diukur dengan peningkatan kesejahteraan petani.

Baca: Dikira Babi, Petani di Banjarnegara Tewas Ditembak Pemburu

“Dengan membuka akses ke pasar untuk petani, kami memastikan seluruh hasil panen dapat terserap dan tidak ada lagi petani yang sengaja membuang panen mereka karena tidak tahu harus menjual ke mana, ataupun tidak mendapatkan harga yang wajar,” ujar Direktur TaniSupply Sariyo.

Konsep dampak sosial ini diharapkan sejalan dengan konsep Ajeg Bali, yaitu keberlanjutan sumber daya alam, sosial-budaya, dan pemberian manfaat ekonomi kepada masyarakat lokal. 

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
February 02, 2020 at 03:24PM
https://ift.tt/391F7MY

TaniHub Rangkul Petani Sayur dan dan Buah Bedugul Jadi Mitra Pemasok - Tribunnews
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "TaniHub Rangkul Petani Sayur dan dan Buah Bedugul Jadi Mitra Pemasok - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.