Search

Dispangtan Purwakarta Komitmen Kembangkan Sayuran di 2020 - ayopurwakarta.com

Ilustrasi sayuran. (Sabrina Ripke/Pixabay )

PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan mengaku, ketersediaan sayur mayur di wilayah ini dinilai belum mencukupi kebutuhan masyarakat.

Akibatnya sering kali harga kebutuhan pangan dari sayur mayur ini mengalami kenaikan, terutama menjelang hari keagamaan atau tahun baru.

Atas dasar itu lah pihaknya berkomitmen akan mengembangkan sayur mayur secara mandiri agar ketersediaan tetap stabil.  "Selama ini Purwakarta masih memasok sebagian kebutuhan pangannya dari daerah lain. Walaupun ada yang disuplai untuk memenuhi kebutuhan sendiri, tapi itu belum mencukupi seluruhnya," kata Agus, Sabtu (4/1/2020).

Menurutnya, ada beberapa sayuran yang potensial untuk dikembangkan di wilayah Purwakarta, di antaranya cabai, bawang merah, kacang panjang, dan buncis. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga di masing kecamatan punya potensi sayuran lain dapat dikembangkan, misal kacang panjang, buncis, tomat.

“Kami coba dorong masa tertentu prediksi penanaman cabai yang bisa menggairahkan petani tingkatkan produksi,” ujar dia.

Diketahui luasan lahan cabai rawiti 185 hektar, cabai besar seluas 180 hektar, kacang panjang seluas 365 hektar, bawang daun sekuas 120 hektar, timun seluas 500 hektar, terong 120 hektar dan jamur 3500 meter persegi.

Agus menambahkan, lahan sayuran tersebut tersebar di 17 kecamatan yang ada di Purwakarta, terutama bagian selatan menjadi pusat produksi pertanian seperti Darangdan dan Wanayasa.

Sementara itu, untuk produksi beras di Kabupaten Purwakarta masih relatif stabil. Ditambah pasokan dari daerah lain untuk mencukupi kebutuhan, sehingga harganya pun tidak melonjak seperti komoditas lain.

“Total luas lahan persawahan 18.072 hektar, 11 ribuan merupakan sawah irigasi dan sisanya sawah tadah hujan.  Dari total luas panen dan tanam dari lahan itu relatif optimis penuhi target sehingga produksi lokal masih mungkinkan surplus beras,” kata Agus.

Let's block ads! (Why?)



"sayur" - Google Berita
January 04, 2020 at 05:23PM
https://ift.tt/2MS0mYY

Dispangtan Purwakarta Komitmen Kembangkan Sayuran di 2020 - ayopurwakarta.com
"sayur" - Google Berita
https://ift.tt/2MUT4Fn

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dispangtan Purwakarta Komitmen Kembangkan Sayuran di 2020 - ayopurwakarta.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.